Minggu, 27 November 2011

Benalu (Loranthus sp)


Benalu (Loranthus sp)






















Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:         Plantae
Divisi:              Magnoliophyta
Kelas:              Magnoliopsida
Ordo:              Santalales
Famili:             Loranthaceae
Genus:             Loranthus

Definisi benalu.
Benalu merupakan tumbuhan pengganggu tumbuhan lain. Benalu memiliki akar isap yang mampu mengisap sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Akar benalu mampu menancap pada batang tumbuhan yang hidup, kemudia mengisap sari-sari makan pada tumbuhan itu. Dengan demikian, batang tumbuhan itu akan kehilangan sari makannya dan akhirnya mati. Benalu ini tergolong tumbuhan parasit (parasitisme). Benalu tumbuh pada dahan tumbuhan dengan perantara burung. Benali memiliki buah-buah kecil, apabila sudah masak rasanya manis. Buah inilah yang dimakan burung-burung kecil lalu ditelan bersama bijinya. Pada saat burung itu membuang kotoran, biji benalu akan ikut keluar bersama kotoran burung. Apabila biji benalu itu melekat pada dahan, maka biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Kita bisa melilhat benalu pada tumbuhan di sekitar kita seperti pohon mangga, rambutan, advokad dan belimbing.


Penyakit Yang Dapat Diobati :
Tumor, Kanker, Amandel, Campak.

Cara Penggunaan :
Untuk penderita tumor dan kanker
Satu sampai dua batang benalu khususnya yang menempel pada pohon  teh, satu batang rumput alang-alang, adas palawaras secukupnya direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih setelah itu kemudian disaring dan diminum satu kali sehari ½ gelas.
Untuk penderita amandel
Satu sampai dua batang benalu khususnya yang menempel pada pohon jeruk, adas palawaras secukupnya direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih setelah itu kemudian disaring dan diminum satu kali sehari ½ gelas.
Untuk penyakit Campak
1-2 batang benalu, adas pulasari secukupnya kemudian dua bahan ini ditumbuk halus lalu digunakan sebagai bedak dan digunakan pada bagian yang terkena penyakit campak.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar