Minggu, 25 Desember 2011

Refleksi 4

Kelompok 7: Vegetasi
·         Vegetasi atau komunitas merupakan kumpulan dari berbagai populasi yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain.
Gambar Vegetasi Tumbuhan

·         Bentuk dasar komunitas :
Formasi: Bentuk pertumbuhan yang dominan
Asosiasi: Vegetasi regional
Ekoton: Suatu ona (daerah) peralihan transisi dua komunitas berbeda yang bersifat khas.
·         Faktor vegetasi yaitu iklim, tanah, tinggi rendahnya permukaan, dan makhluk hidup.
·         Karakteristik komunitas tumbuhan berupa keanekaragaman tumbuhan yang ada dalam komunitas tersebut, Struktur dan komposisi komunitas yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, dan Dominansi.
Pada kelompok ini, juga membahas beberapa hal yang keluar dari pembahasan yang diwajibkan. Salah satu hal yang dibahas yaitu tipe vegetasi hutan hujan tropis, dimana hutan hujan tropis terbagi atas tiga zona yaitu zona hutan hujan bawah 0-1000 meter dpl, zona hutan hujan tengah 1000-3300 meter dpl, dan zona hutan hujan atas 3300-4100 meter dpl. Pada zona hutan hujan atas ditumbuhi oleh pohon dengan jarak yang cukup besar/panjang. Dan dibawah pohon ditumbuhi rerumputan. 


Kelompok 8: Metode Analisis Vegetasi
·         Metode adalah cara atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan.
·         Analisis atau identifikasi merupakan penelitian untuk mendapatkan data.
·         Vegetasi adalah komunitas suatu tumbuhan yang terdiri dari beberapa populasi.
·         Jadi, Metode analisis vegetasi adalah suatu cara atau langkah yang dilakukan untuk menganalisis atau mengidentifikasi suatu tumbuhan yang terdiri dari beberapa populasi.
·         Komponen penyusun vegetasi terdiri atas belukar, epifit, paku-pakuan, pohon, dan lain-lain.
·         Dalam analisis vegetasi terdapat dua metode, yaitu metode destruktif dan metode Nondektruktif. Metode Destruktif Dibagi Lagi Menjadi Dua, Yaitu Metode Florostik Dan Metode Nonfloristik.
·         Metode Destruktif Bertujuan Untuk Menjadikan Sampel Bahan Yang Dapat Di Ukur Dengan Menggunakan Teknik AAS.

·         Metode Nondestruktif Yaitu Metode Floristik Atau Disebut Juga Metode Yang Menentukan Keanekaragaman Dari Berbagai Vegetasi Dan Metode Nonfloristik.
·         Beberapa Variabel Dalam Metode Floristik Yaitu Kerimbunan Suatu Populasi Dalam Suatu Kawasan, Kerapatan Individu Dalam populasi, dan frekuensi atau variabel penyebaran suatu populasi dalam suatu kawasan.
·         Teknik pencuplikan menggunakan teknik/metode garis, kuadran, kuarter, dan titik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar